JANGAN TUNDA KE DOKTER HEWAN KALAU TANDA-TANDA SEPERTI INI SUDAH TERJADI

Hewan merupakan mahkluk hidup yang sama seperti manusia pada umumnya yang bisa sakit apalagi tidak di beri makan atau bahkan bisa terserang penyakit.

Tapi masih banyak yang ngakunya pecinta hewan, ketika peliharaannya sakit biasa masih di biarkan tapi ketika sudah mulai parah, baru deh di bawa ke dokter.

Kapan Harus Membawa Hewan Peliharaan Ke Dokter?

Padahal salah satu kunjungan ke dokter itu penting dan gab oleh sampai terlewat. Dengan kita malkukan pemeriksaan rutin kan bisa mencegah penyakit yang bisa menyerang hewan kesayangan kita.

Setidaknya lebih baik mencegah daripada mengobati, karena kalau sudah sakit malah kita yang repot sendiri mengurusnya.

Lalu kapan bahwa kita harus membanyakan ke dokter?

1.Saat setelah adopsi

Ketika kamu memiliki hewan untuk pertama kali, kamu harus pastikan kesehatannya dan segera periksa ke dokter, apalagi hewan tersebut didapatkan dati adopsi.

Dengan dibawa ke dokter, kita akan mengetahui bagaiaman kondisi tubuh si hewan tersebut apakah sehata atau tidak.

Biasanya dokter akan memberikan vaksin atau obat yang bisa menjadi kesehatan untuk hewan tersebut sehingga pemiliknya pun bisa tetap aman. Usia yang baik ketika dibawa ke dokter sekitar 2 bulan.

2.Ketika hewan sudah hilang nafsu maan

Biasanya kita akan baru mengetahui hewan terjadi kenapa-kenapa ketika mereka kehilangan nafsu dalam makan atau bahkan ga ada asupan sama sekali yang masuk.

Kalau ini dibiarkan begitu saja, akan menyebabkan kerusakan organ yang ada di dalam tubuh hewan termasuk kerusakan hati.

Jika suka terkena hati, kondisi kulit hewan tersebut bisa berubah menjadi kuning dan apabila kalau tidak di tangani lebih lanjut, mereka akan mengalami penurunan berat badan.

3.Ketika hewan mengalami demam

Kalian yang mempunya hewan dan pernah ada di kondisi seperti ini harus waspada. Karena bisa saja peliharaanmu itu terkena penyakit yang serius apalagi kalau suhu tubuhnya lebih dari 39 derejat celcius.

4.Ketika hewan mengalami sesak napas

Hewan bisa saja mengalami sesak nafas yang disebabkan oleh kekurangan oksigen, sehingga saluran pernapasannya menjadi lebih sempit.

Kondisi ini sangat berbahaya karena pasokan oksigen di dalam tubuh akan berkurang dan bisa menyebabkan kejadian yang fatal.

Sesak nafas pada hewan pun bisa menyebabkan kulit menjadi biru dan bahkan bisa terjadi kematian.

5.Ketika tidak bisa kencing

Biasanya hal ini disebabkan karena adanya penyempitan saluran urin atau mungkin ada infeksi pada saluran tersebut.

Kondisi ini terjadi jika peliharaamu berkali-kali ke kotak pasir namun ga ada urin yang keluar. Ketika urin mengendap di dalam tubuh bisa meracuni organ yang lainnya dan bisa menjadi lebih parah kalau tidak di tangani lebih lanjut.

6.Ketika mata sudah memerah

Kondisi seperti ini menandakan adanya iritasi. Bila tidak di tangani lebih lanjut, hewan tersebut akan mengalami kebutaan dan harus cepat mendapat pertolongan yang serius.

7.Ketika mengalami muntah dan diare

Ketika hewan kamu mengalami kondisi seperti ini menandakan bahwa pencernaannya sedang tidak beres yang bisa disebabkan oleh bakteri dan virus.

Jika sudah muntah dan diare yang tak kunjung henti akan menyebabkan hewan menjadi dehidrasi dan sangat lemah.

Dengan begitu kamu harus cepat membanya ke dokter kalau tidak ingin kondisi semakin parah.

8.Ketika sulit melahirkan

Sebenernya kalau kucing atau anjing kamu mau melahirkan, prosesnya ga akan memakan waktu yang lama paling sekitar 1 jam.

Namun kalau terlihat induknya sedang mengejan dan ga ada bayi yang keluar, harus cepat di bawa ke dokter. Karena untuk menghindari kondisi induk yang kelelahan dan bayi yang kehabisan oksigen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *