8 HEWAN YANG DILINDUNGI

Indonesia terkenal dengan kekayaan yang melimpah baik flora maupun semua. Mau semaju apapun negara orang lain, tapi masih kalah sih untuk kekayaan alamnya sama Indonesia.

Terlebih lagi banyak sekali flora dan fauna yang hanya bisa di temukan di negara kita ini. Seharusnya dengan kita tahu bahwa di sekeliling kita banyak flora dan fauna yang di lestarikan, kita harus bisa peduli karena merekapun sama sama makhluk hidup, lantas kalau ga di jaga sama kita, siapa lagi yang mau jaganya?

Daftar Hewan Yang Dilindungi di Indonesia

Sebagian masyarakat Indonesia ada yang benar-benar peduli akan hal ini, namun banyak juga yang bodo amat dan menganggap itu adalah hal yang sepele.

Banyak orang yang malah memelihara hewan di lindungi di rumahnya, tapi tidak benar-benar di pelihara dengan baik.

Ada juga pemburu hewan liar yang memperlakukan hewan-hewan tersebu secara jahat. Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum tahu bahwa hewan-hewan ini merupakan hewan langka yang dilindungi, simak yuk baik baik!

1.Kakatua Jambul Kuning

Salah satu burung ini sudah terancam punah dan sekarang dikabarkan hanya tersisa 72 ekos saja.

Jumlah tersebut teradapat di dua wilayah NTT, Kabupaten Rote Ndao dan Kabupaten Kupang. Burung ini terancam punah dikarenakan banyaknya perdagangan illegal sehingga menyebabkan jumlah spesies terus berkurang.

Hewan ini disebut sebagai satwa prioritas sejak tahun 2014.

2.Elang Jawa

Populasi burung ini sudah dalam keadaan yang darurat, dikarenakan jumlahnya ga lebih dari 200 pasang.

Padahal batas amannya harus mencapai 1.000 pasang. Selain menjadi lambing negara Indonesia, namun hewan yang satu inipun sangat dilindungi oleh negara loh.

3.Ular Sanca

Siapa sangka, ternyata hewan yang menyeramkan ini merupakan hewan yang cukup langka. Walaupun tidak terlalu berbisa, namun ular ini bisa menjadi ancaman ketika berada di daerah pemukiman.

Selain itu kamu juga di larang untuk membunuhnya, kalau engga malah kamu yang bakal di makan sama ular secara hidup-hidup.

Kalau kamu menemukan hewan ini mending kamu serahkan ke badan konservasi hewan agar hewan ini terlindungi dan tidak punah.

4.Kijang

Kijang juga merupakan salah satu hewan yang akan punah dikarenakan sering ada perbuaruan libar dan penebangan pohon secara illegal. Makanya gak salah lagi kalau kijang termasuk hewan yang dilindungi oleh negara.

5.Burung Bangau

Walaupun populasi burung bangau ini banyak, namun burung bangau termasuk hwan yang dilindungi juga oleh negara.

Kamu bisa menemukan burung bangkau ini di setiap wilayah yang memiliki iklim hangat.

6.Beruang Madu

Hewan ini salah satu hewan yang dilindungi sejak 1973 loh. Burung madu ini merupakan spesies beruang terkecildi dunia, makanya untuk lihat beruang ini akan susah dan hanya bisa ditemukan di hutan tropis Asia Tenggara.

Mungkin untuk kamu yang pernah di kawasan hutan Sumatera dan Kalimantan di Indonesia akan bisa ditemuinya walaupun agak jarang karena habibat aslinya di hutan.

Hewan ini masih banyak yang diburu bahkan dibunuh, karena beruang madu terkenal dengan sifat yang agresif dan banyak habitat mereka diganggu oleh manusia.

7.Ikan Pari Manta

Ikan pari ini mendapat status perlindungan penuh sehingga benar-benar ga boleh untuk diperjual belikan.

Karena banyak kasus yang masih melakukan perdagangan illegal ini beberapa tahun belakang dan statusnya juga sudah hampir punah.

8.Tupai Ekor Merah

Jumlah tupai ini sudah sangat langka, makadari itu hewan inipun termasuk hewan yang dilindungi oleh negara. Tupai ini tersebar di Kalimantan dan Kepulauan Natuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *