PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH HEWAN

Zoonosis merupakan penyakit yang bisa menular dari hewan kepada manusia. Ada beberapa penyakit yang bisa menular dan bisa menyerah manusia secara global yang prosesnya ditransder dari binatang.

Penyakit ini bisa menyebar jika kita ada kontak langsung dengan beberapa hewan atau bisa juga dari kotorannya. Tapi ada juga yang bersumber dari makanan yang sudah terkontaminasi oleh hewan.

Lalu apa saja ya penyakit yang bisa menular melalui hewan dan menyerang manusia? Simak baik-baik ya!

1.Antraks

Penyakit yang pertama ini sebenernya bisa disebabkan oleh Bakteri Bacillus Anthrcacis yang bisa disebarkan oleh hewan peliharaan atau bisa dari binatang liar.

Tapi biasanya penyakit ini sering dikaitkan dengan bioterorisme. Orang yang bisa terinfeksi penyakit ini bisa gara-gara mengonsumsi makanana yang sudah terkontaminasi ataupun pisa juga bersentuhan dengan kulit hewan.

Gejala yang di timbulkan bisa berupa luka lepuh berwarna hitam, sakit kepala, mual, sesak nafas hingga bisa menyebabkan tenggorokan sakit ketika menelan.

Antraks merupakan penyakit yang serius sehingga jika ada seseorang yang terjangkit penyakit ini harus cepat-cepat ditolong oleh antibiotak atau antitoksin.

Hewan-hewan yang bisa menjadi sumber dari penyakit ini diantaranya karena domba, sapi, kijang, rusa dan kambing.

Jadi untuk seseorang yang mengharuskan bekerja memelihara hewan atau ternak hewan-hewan tadi, akan beresiko terkena antraks, walaupun penyakit ini masih jarang terjadi.

2.Giardia

Giardia merupakan parasite dalam usus yang biasanya hidup pada kotoran hewan atau manusia yang sudah terinfeksi. Parasit ini bisa menyebar melalui paparan limbah, air, tanah maupun peralatan rumah tangga.

Jika kamu sedang mengalami diare dengan perut yang keroncongan, meskipun sudah diisi makanan namun tetap muntah, kamu harus cepat datangi dokter untuk dapat penanganan yang lebih lanjut.

Gejala yang terjadi pada penyakit ini diantaranya diare, mula, sakit perut, kentut yang bau. Wanita hamil dan anak-anak sangat rentan terhadap giardia dan bisa dehidrasi yang parah.

3.Granumola Tangki Ikan

Penyakit ini merupakan infeksi kulit yang bisa menyerang orang-orang yang memiliki kontak dengan ikan.

Granumola tangka ikan ini disebabkan oleh Mycobacterium Marinum yang biasanya muncul pada kulit menghasilkan bengkak dan merah. Siapapun yang sering bersentuhan dengan ikan atau sering memelihara akuarium, pasti bisa terkena.

Luka yang dihasilkan dari penyakit ini bisa sangat menyakitkan dan waktu pemulihannya bisa mencapai 2 tahun. Orang yang terkan granumola ini harus di berikan antibiotik.

Makanya untuk pencegahan penyakit tersebut, gunakan sarung tangan apabila mau membersihkan akuarium sehingga air tidak akan menyentuh langsung pada kulit.

4.Kurap

Penyakit yang satu ini merupakaan zoonosis yang paling sering terjadi, biasanya kurap ini disebabkan oleh infeksi jamur yang ditularkan melalui anjing dan kucing.

Gejala yang terjadi pada kurap biasanya gatal, memerah dan bentuknya melingkar seperti cincin. Selain itu kurap pun cenderung mudah untuk diobati dengan oral atau antijamur karena penyakit ini bersifat inflamasi.

Kurap bisa terjadi dikarenakan barang-barang rumah tangga seperti perabotan, pakaian dan juga tempat tidur.

Jamur tersebut tidak hanya ditularkan lewat hewan, tapi bisa juga nular melalui orang ke orang. Hal ini bisa saja terjadi karena orang tersebut telah memegang hewan.

Itulah 4 penyakit yang bisa disebabkan oleh beberapa hewan. Walaupun penyakit penyakit ini jarang terjadi tapi gak ada salahnya untuk waspada dan tetap berhati-hati.

Apalagi ada beberapa penyakit yang serius, ohiyaa sebenernya ga cuma 4 penyakit doang loh, masih ada penyakit lain yang disebabkan oleh hewan, penasaran apa saja? Simak di part selanjutnya ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *