HEWAN-HEWAN INI CUMA DIMILIKI OLEH INDONESIA

Indonesia adalah salah satu negara yang penuh dengan kekayaan alamnya mulai dari flora maupun sauna. Sudah jelas kita disebut dengan negara yang kaya, karena Indonesia aja memiliki lebih dari 18.000 pulau. Setiap pulaunya pun kita memiliki kekayaannya sendiri-sendiri seperti suku, budaya dan bahasa, belum lagi keindahan alam flora dan fauna setiap daerahnya berbeda.

Terlepas dari kekayaan Indonesia, ternyata banyak habibat unik yang hanya dimiliki oleh kita loh. Pasti kalian gatau kan kalau hewan-hewan ini sangat langka dan mungkin gak bisa kamu temuin di negara-negara lain. Makanya sebagai orang Indonesia kita harus banyak-banyak bersyukur, karena Indonesia sendiri sering menjadi pusat perhatian dunia, yuk sama-sama kita lestarikan hewan-hewan unik ini.

Penasaran kan hewan apa aja sih? Simak dulu ya!

1.Orang Utan

Tau gak sih habitat apa yang paling langka di dunia? Yap bener banget, orang utan! Orang utan ini salah satu spesies primate yang paling langka dan cuma ada di Indonesia. Berbeda dengan jenis kera yang lain, orang utan ini memiliki rambut yang lebih lebat dan panjang.

Spesies yang satu ini ternyata bisa hidup sampai 30 tahun loh, penelitian pun mengatakan bahwa DNA orang utan mirp dengan manusia, makanya gak heran jika orang utan ini disebut dengan hewan yang berintelejensi tinggi. Orang utan bisa kamu temui di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

2.Badak

Badak merupakan salah satu hewan yang sangat dilindungi dan hampir punah dengan nama Badak Sumatera dan Badak Jawa. Tapi kita sering mengenalnya dengan badak bercula satu yang berasal dari Jawa Barat. Badak ini memiliki penangkarannya sendiri yaitu di Ujung Kulon, namun spesiesnya pun sudah sangat sedikit bahkan tidak mencapai ratusan.

Keberadaan hewan ini cukup terancam, konon katanya ada pengobatan dari Tiongkok kuno yang mempercayai bawah cula dari badak ini bisa mengobati berbagai penyakit. Pemburu banyak yang mengincar culanya karena kalau dihargai bisa sangat mahal.

3.Anoa

Nama latin dari hewan yang satu ini adalah Bubalus Depressicornis dan hanya bisa ditemukan di Sulawesi. Anoa ini sekilas memang mirip dengan kambing, namun yang membedakan adalah ia memiliki tanduk yang panjangnya hingga 30 cm dan runcing.

Anoa ini terjadi dari beberapa jenis dengan pola hidup yang berbeda. Spesies ini termasuk yang cukup langka, pasalnya sekarang saja bisa terhitung tidak sampai 5000 ekor di dunia. Banyak orang yang ingin memburu beberapa bagian tubuhnya seperti kulit, daging dan tanduknya.

4.Harimau

Jika kalian tahu, ada dua spesies yang sangat langka dan hanya tinggal di Indonesia yaitu Harimau Bali dan Harimau Sumatera. Namun harimau Bali sudah dinyatakan punah sejak 1937 karena habitatnya diganggu. Sedangkan harimau Sumatera bersisa kurang lebih 500 ekor, jumlahnya pun terus menurun setiap tahunnya sehingga pemerintah harus bekerja secara optimal untuk mempertahankan harimau tersebut. Penampilan harimau Sumatera pun dikenal memiliki warna yang gelap diantara spesies lainnya.

5.Kera Tarsius

Hewan unik lainnya yang hanya ada di Indonesia yaitu Kera Tarsius yang berasal dari Bangka Belitung. Warna dari kera ini yaitu coklat agak kemerahan dan ada juga yang abu kecoklatan. Kera Tarsius ini bisa disebut dengan primate terkecil di dunia karena panjangnya kurang lebih hanya 15 cm.

Sekilas hewan yang satu ini mirip dengan burung hantu karena memiliki mata yang besar. Makanya banyak yang nyebut juga kalau hewan tersebut adalah kera hantu. Tapi sayangnya, mata kera tarsius ini ga berfungsi saat siang hari. Kera ini juga tersebar dibeberapa daerah Riau dan Kalimantan.

6. Komodo

Komodo merupakan jenis kadal terbesar di dunia karena panjangnya bisa mencapai hingga 3 meter. Spesies yang satu ini sudah sangat langka, namun kamu bisa menemuinya di daerah Nusa Tenggara. Jumlah Komodo pun sudah berkurang setiap tahunnya, sehingga membuat pemerintah harus membuat Taman Nasional Komodo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *